Pages

Senin, 16 April 2012

Blog Bimbingan dan Konseling


Tugas
Praktikum BK Karir
Jenis Masalah :

v Masalah Pribadi :
1.         Pemalu
2.         Volume suara dalam kelas kurang memadai
3.         Pelupa
4.         Suka mementingkan diri sendiri
5.         Kurang konsisten
6.         Kurang dalam hal berkomunikasi
7.         Sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru
8.         Kurang Percaya diri
9.         Mudah cemas
10.     Mudah lelah

v Masalah Keluarga
1.         Kurang bebas dalam keluarga
2.         Kurang komunikasi dengan orang tua
3.         Orang tua  membatasi teman bergaul saya
4.         Ada campur tangan yang berlebih dari orang tua
5.         Tidak suka ada anggota keluarga atau tamu merokok dalam rumah
6.         Orang tua melarang saya untuk menginap dirumah teman ataupun saudara
7.         Keadaan ekonomi keluarga yang belum stabil
8.         Tingkat pendidikan anggota keluarga
9.         Ibu terlalu mementingkan adiknya yang sudah berkeluarga
10.     Kakak yang sudah berkeluarga tapi kurang mandiri

v  Masalah Teman Sebaya

1.      Sulit menolak ajakan teman
2.      Salah memilih teman
3.      Merasa terganggu dengan sikap teman yang melanggar aturan
4.      Tidak suka dengan ejekan teman yang berlebihan
5.      ’Pernah dimanfaatin seorang teman
6.      Tidak suka dengan teman yang tidak tau terima kasih
7.      Tidak suka berteman dengan seseorang yang suka pilih-pilih teman
8.      Pertemanan terputus karena kurang komunikasi
9.      Campur tangan teman yang berlebihan tentang masalah pribadi saya
10.  Mudah percaya dengan teman

v  Masalah Belajar

1.         Sulit belajar saat kondisi badan merasa lelah
2.         Kurang kreatif
3.         Mudah mengantuk saat belajar
4.         Sering mengulur waktu untuk belajar
5.         Tidak nyaman dalam belajar karena terganggu lingkungan yang tidak nyaman
6.         Kurang mendapat motivasi belajar dari lingkungan
7.         Ruang belajar yang tidak memenuhi syarat
8.         Kurang bisa memanfaatkan waktu dalam belajar
9.         Tidak fokus dalam belajar
10.     Kurangnya pengetahuan yang saya miliki

v   Masalah Karir

1.         Saya khawatir tidak dapat mandiri
2.         Khawatir tidak menendapat pekerjaan sesuai dengan karir yang dijalani
3.         Khawatir tidak bisa menjadi guru BK yang profesional
4.         Khawatir pekerjaan saya tidak dapat mencukupi kebutuhan saya
5.         Khawatir tentang persaingan karir masa depan
6.         Khawatir tidak bisa sukses dalam karir
7.         Kesulitan menentukan pilihan jurusan
8.         Khawatir jika kuliah yang sedang saya jalani tidak membawa kebahagiaan bagi saya
9.         Khawatir tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat kerja kelak
10.     Khawatir tidak dapat mengembangkan karir masa depan

Langkah – langkah pemecahan masalah : Kurang Percaya diri
1.      Mengklarifikasi masalah
§  Kualitas berbicara kurang memadai
§  Merasa bentuk fisik kurang sempurna
§  Ketakutan dalam menghadapi sesuatu
§  Kurang Persiapan
§  Kurang menyesuikan diri dengan lingkungan
§  Kurang terbuka dengan teman

2.        Menemukan alternatif pemecahan masalah
§  Menaburkan aura percaya diri saat berbicara
§  Mampu berbicara secara verbal dengan baik
§  Mampu menghadapi orang lain yang makin hari makin keras dan kemungkinan makin menyebalkan
§  Mampu menghadapi kenyataan
§  Memiliki kontrol terhadap berbagai situasi
§  Mengetahui kapasitas diri
§  Mengembangkan dan memperbaiki kualitas kepribadian
§  Berteman dengan orang-orang yang mempunyai kualitas percaya diri yang baik
§  punya kontrol terhadap temperan diri
§  Memulainya dengan mempercayai diri sendiri
§  bertindak atas dasar percaya diri
§  Membuat hidup lebih bermanfaat dan lebih bernilai untuk dunia luar
§  Berpikir lebih positif
§  Menumbuhkan karisma

3.      Menguji alternatif pemecahan masalah
§  Menaburkan aura percaya diri saat berbicara
Jika  alternatif ini dilakukan maka akan meningkatkan kualitas diri saat berbicara
§  Mampu berbicara secara verbal dengan baik
Jika alternatif ini dilakukan maka akan dapat meningkatkan rasa percaya diri karena orang lain akan mendengarkan, menyimak, memahami maksud dan tujuan yang saya bicarakan.
§  Mampu menghadapi orang lain yang makin hari makin keras dan kemungkinan makin menyebalkan
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya akan makin kritis, karena akan mampu menghadapi orang lain yang makin hari makin keras dan kemungkinan makin menyebalkan
§  Mampu menghadapi kenyataan
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya akan merasa lebih nyaman dan bahagia karena dapat menyadari kekurangan dan kelebihan serta dapat membandingkan kemampuan dengan orang lain disekitar saya.
§  Memiliki kontrol terhadap berbagai situasi
Jika alternatif  ini dilakukan maka akan dapat menghadapi berbagai situasi dan keadaan yang penting untuk segala kepentingan saya. Memiliki kontrol diri juga dapat mengkontrol berbagai aspek kehidupan sehingga saya akan lebih jernih dalam melihat dan mengatur tujuan dan sasaran pribadi saya. Jika hal ini dilakukan maka akan mampu mengarahkan perilaku  menuju kepada keberhasilan saya.
§  Mengetahui kapasitas diri
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya akan mudah menyesuaikan diri, serta mampu menerima tantangan yang lebih besar.
§  Mengembangkan dan memperbaiki kualitas kepribadian
Jika alternatif  ini dilakukan maka akan meningkatkan kualitas kepribadian saya serta kualitas persahabatan saya.
§  Berteman dengan orang-orang yang mempunyai kualitas percaya diri yang baik
Jika alternatif  ini dilakukan maka akan meningkatkan kualitas percaya diri saya, dan akan meningkatkan peluang keberhasilan bagi saya.
§  punya kontrol terhadap temperan diri
Jika alternatif  ini dilakukan maka kemungkinan saya akan mampu mengkontrol dunia luar saya. maka saya akan berpeluang besar untuk meraih keberhasilan dalam kehidupan diri pribadi, kehidupan sosial, kehidupan pendidikan, serta dunia karir.
§  Memulainya dengan mempercayai diri sendiri
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya akan mampu bertindak untuk menyelesaikan masalah karena bisa dipastikan bahwa masalah ini berasal dari diri sendiri.
§  bertindak atas dasar percaya diri
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya akan membuat hidup lebih baik karena tindakan yang saya lakukan didasari rasa percaya diri dan  akan membuat saya mampu mengambil keputusan dan menentukan pilihan.
§  Membuat hidup lebih bermanfaat dan lebih bernilai untuk dunia luar
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya menjadi orang yang lebih melayani, lebih bermanfaat, dan lebih memberi nilai kepada dunia luar.
§  Berpikir lebih positif
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya akan dapat mengkomunikasikan dunia diluar saya, dan akan membuat orang lain menjadi percaya diri dan saya akan lebih meyakinkan mereka.
§  Menumbuhkan karisma
Jika alternatif  ini dilakukan maka saya akan menciptakan jalan untuk menjadi orang yang sealu didengar kata dan perintahnya.

4.    Mengambil keputusan
     Pilihan yang saya ambil :
§     Mampu menghadapi kenyataan
Pilihan ini saya ambil karena saya anggap memiliki resiko yang kecil bagi kehidupan saya karena pada dasarnya manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, dan setiap orang akan mempunyai kemampuan yang berbeda-beda tetapi hal ini dapat diatasi tinggal bagaimana saya melakukan tindakan yang terbaik untuk mengatasi masalah saya.
Resiko yang akan timbul jika pilihan ini dilakukan :
o  Pada awalnya akan merasa malu tapi lama kelamaan menjadi hal yang biasa saja
o  Harus berterus terang walaupun menyakitkan
o  Memikul segala resiko yang ada atas segala kenyataan yang dihadapi
o  Kemungkinan ada teman yang menjauh karena tidak mempunyai prinsip yang sama dengan saya
o  Orang lain akan mengetahui kekurangan yang saya miliki


  1. Melakukan kegiatan sesuai dengan keputusan yang saya ambil
Yaitu mampu menghadapi kenyataan kehidupan sekarang dan yang akan datang dengan penuh kesadaran diri tanpa ragu-ragu.
Melakukan pilihan tersebut dengan cara:
o    mengembangkan dan membina kepribadian
o    Bertanggung jawab
o    Optimis menghadapi kenyataan
o    Menghadapi kenyataan tanpa merugikan siapapun
o    Menerima kenyataan dengan penuh kesabaran dan berusaha untuk memperbaikinya
o    Disiplin dalam kehidupan sehari-hari
o    mampu mengurus diri sendiri, supaya dapat menentukan dan melaksanakan perilaku dalam bentuk nyata.
o    Mempunyai rencana dan tujuan dalam hidup
o    Mempunyai kesadaran diri
o    Mandiri



    


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8aTHhmoW0ouSYNCIlbrF0Cvxb5iRfLWmiPmVrDWyugofmYKJfCGG9XM7HjnusGsLRPEQTeNfu9W6fHm7CjKZlwexlDqxM-I09WZBUAyrPh7sOhnRJHJ1uGF-D25EPxIDk7c7j9no14o8/s200/pd.jpg










0 komentar:

Posting Komentar